Login Member
Username:
Password :
Agenda
17 July 2019
M
S
S
R
K
J
S
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

PROGRAM KERJA MADRASAH

 

 A.    PROGRAM KERJA UMUM

Sebagai salah satu sekolah yang terus berkembang Madrasah Tsanawiyah Negara (MTsN) Negara terus berbenah dalam segala bidang. Pembenahan yang dirasa sangat strategis ditahun mendatang adalah pengadaan tanah dan pembangunan (Untuk Pengembangan Fasilitas MTsN Negara).

hal tersebut sangat penting karena meningkatnya kepuasan orang tua murid menyekolahkan anaknya di MTsN Negara, fakta ini dapat dilihat dari jumlah siswa siswi MTsN Negara yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain faktor tersebut faktor prestasi juga menjadi pertimbangan khusus dalam mewujudkan rencana stategis tersebut, karena siswa dan guru MTsN Negara selalu Eksis dalam setiap Even Perlombaan baik di Kancah Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Tinggkat Nasional dan hasilnya selalu mendapat prestasi yang membanggakan. Pengembangan Fasilitas guna mendukung kemajuan MTsN Negara berupa pembelian lahan/ tanah seluas 49 Are yang terletak dibelakang gedung MTsN Negara memang sangatlah penting karena dari pembelian tersebut MTsN Negara dapat membangun fasilitas fasilitas seperti :

 1.       Sarana Olah Raga

Sarana Olah Raga yang layak sangat diperlukan oleh Siswa-siswi MTsN Negara guna mempertahankan bahkan menambah prestasi dalam cabang olah raga. Sejak dinegerikannya hingga saat ini banyak siswa-siswi mendulang emas/prestasi dalam bidang olah raga ini.

MTsN Negara saat ini hanya memiliki Lapangan Volly, Basket, dan Badmiton dan lapangan tersebut juga keadaannya sangat memprihatikan apabila digunakan untuk kegiatan olah raga.

Lapangan Olah Raga MTsN Negara dirasa kurang layak karena berada tepat disamping ruang kelas siswa dan ruang kepala sehingga dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa lain dan juga kondisi lapangan yang rusak akibat hujan dan banjir (Pendapat Guru Olah Raga MTsN Negara).

Rencana Strategis Kedepan adalah membangun sarana olah raga di areal lahan/tanah baru tersebut dan pengaturan letak yang sesuai sehingga tidak mengganggu kegiatan yang lain.

 2.       Laboratorium

Pembangunan Laboratorium saat ini sangat dibutuhkan oleh MTsN Negara terutama Laboratorium TIK, Bahasa, dan IPS. Pembangunan Laboratorium TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sangat penting karena selain untuk mempertahankan prestasi dalam bidang ini juga untuk mengembangkan ilmu siswa dalam ilmu TIK sehingga diharapkan dapat berbicara dalam lomba tingkat Provinsi dan Nasional.

 3.      Mengatasi Masalah Banjir Musiman

Ditinjau dari Letak Geografis MTsN Negara berada di posisi daerah pertanian penduduk, sehingga tidak aneh apabila hujan besar datang maka banjir kerap melanda MTs ini. Pembelian lahan/tanah yang berada di belakang MTs ini merupakan solusi yang tepat karena saluran irigasi lahan pertanian yang ada dapat dibuat lebih tetata sehingga banjir tidak akan melanda MTsN Negara lagi.

 

 B.     PROGRAM KERJA UNGGULAN

 

Program kerja pada tahun Pelajaran 2016/2017 secara garis besar adalah sebagai berikut

a.      Pembinaan Mental, Spiritual dan  Akhlak  Siswa

1.         Tujuan

Untuk memberikan  pembinaan  mental, spiritual dan  akhlak siswa secara kontinyu sehingga siswa-siswi MTs Negeri Negara memiliki kecerdasan spiritual dan menjadi siswa yang  berakhlakul Karimah

2.         Pelaksanaan

v  Pembinaan mental dan akhlak siswa dilaksanakan secara harian oleh guru MTs. Negeri Negara

v  Pembinaan mental dan akhlak siswa dilaksanakan secara 2 mingguan yaitu setiap hari jum’at pagi dan bekerja sama dengan ulama yang berasal dari  masyarakat sekitar sekolah untuk memberikan pembinaan.

v  Bekerja sama dengan guru-guru ngaji untuk membantu pelaksanaan pembinaan mental dan akhlak siswa.    

v  Bekerjasama dengan kepolisian dalam pembinaan kedisiplinan siswa dalam berlalu lintas, kenakalan remaja, dan penyalahgunaan narkoba

 

  1. A.    Pembinaan Olimpiade Sains, terdiri dari :
    1. a.      Latar Belakang :

Selama ini dalam penyelenggaraan olimpiade sains di Bali, siswa-siswa MTsN Negara belum mampu secara optimal. Terutama untuk bersaing di tingkat Kabupaten , Propinsi dan Nasional.  Kekurang mampuan tersebut diyakini bukan dikarenakan kemampuan siswa madrasah yang lebih rendah, tetapi karena kurangnya pembinaan yang terkait dengan kurangnya anggaran yang didalamnya ada faktor-faktor beban belajar siswa yang lebih banyak dari sekolah umum maupun beban kerja dan anggaran yang tidak proporsional seperti misalnya perhitungan Biaya Operasional Sekolah (BOS) persiswa  yang disamakan dengan  biaya siswa di sekolah umum.

Berdasarkan hal di atas perlu dilakukan terobosan untuk mengatasi kendala yang ada. Sedangkan program pembinaan olimpiade sains ini terdiri dari :

v      Pembinaan Olimpiade Matematika

v      Pembinaan Olimpiade Fisika

v      Pembinaan Olimpiade Biologi

v      Pembinaan Olimpiade IPS

v      Pembinaan Olimpiade PAI

 

  1. b.      Sasaran/Target  Pembinaan

Terbentuknya Tim Olimpiade Sains Siswa MTsN Negara yang mampu bersaing pada tingkat Kabupaten, provinsi dan menjadi wakil Bali pada OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang meliputi bidang Matematika, Biologi, Fisika, dan IPS.

  1. c.       Tim Pembina Pelaksana Kegiatan

Pembinaan Olimpiade Sains di MTsN Negara dilaksanakan oleh Guru-guru MTsN Negara yang memiliki kompetensi dan komitmen yang tinggi akan berperan sebagai Pembimbing utama.

  1. d.      Waktu ,Teknik Seleksi  dan Sasaran Tim Olimpiade
    1. Waktu seleksi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 18 Mei 2013 Jam 08.00 s/ d selesai
    2. Teknik Seleksi  ; Tes Obyektif

      Kelas VII dan VIII           : Materi  OSN,UN dan Olimpiade SMP

  1. Sasaran ; Siswa Kelas VII dan VIII
  2. Tim Olimpiade : Rangking 1 – 3 dari hasil seleksi

 

 

 

  1. e.       Waktu Pelaksanaan Pembinaan

       Dilaksanakan mulai bulan Februari 2014 setiap hari efektif dari Jam 13.30 s/d 14. 15 Wita ( Jadwal Terlampir )

  1. f.       Materi Pembinaan Olimpiade

Terdiri atas Teori dan praktek

Sumber Materi :

  1. Buku-Buku Penunjang
  2. Kumpulan Soal UN
  3. Kumpulan Soal dan Pembahasan Olimpiade
  4. Dan sarana lain yang menunjang
    1. g.      Sumber dana

    Sumber dana dibebankan pada DIPA dan BOS

 

  1. C.       Sukses Ujian Nasional  (UN) dan UAMBN
    1. a.      Mensosialisasikan POS UN, SKL dan kriteria-kriteria kelulusan ujian nasional kepada para siswa dan orangtua siswa

Hal ini supaya mereka paham dan sebagai dasar untuk strategi merancang program sukses UN  dan UAMBN bersama.

  1. b.      Mengadakan try out atau latihan ujian nasional

Harapannya dengan siswa berlatih soal-soal ujian nasional dengan simulasi sama persis pada saat ujian nasional sesungguhnya nanti maka dalam ujian nasional nanti tidak akan mengalami hambatan yang berarti.  Selain dari try out ke try out dan hasilnya dianalisa, kita akan dapat mengetahui perkembangan dan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional.  Soal-soal try out bisa dibuat sendiri, lewat MGMP madrasah ataupun dari buku-buku soal persiapan ujian nasional yang penting sesuaikan dengan materi, SKL dan tingkat kesulitan soal.  Yang penting juga, hasil setiap try out harus disampaikan kepada orang tua sehingga orang tua juga mengetahui dengan persis perkembangan anaknya, apakah nilainya setiap try out naik, tetap atau malah bahkan turun.

  1. c.       Mengadakan jam tambahan dan pengayaan pelajaran untuk mata pelajaran yang UN dan UAMBN

 

  1. d.      Pemadatan jam pelajaran hanya untuk mapel UN. Dan UAMBN  Diadakan sebulan sebelum UN dan UAMBN.  Jadi selama sebulan hanya mapel UN dan UAMBN yang diajarkan kepada siswa kelas IX dengan tujuan lebih menggembleng mereka khusus mapel Bhs Indo, Matematika, Inggris dan IPA, Agama Dan Bahasa Arab malalui trik - trik menyelesaikan soal secara mudah sesuai dengan SKL
  2. e.       Try Out Oleh Guru Mapel UN

Guru mapel UN mengadakan try out sendiri,  semacam ulangan harian.  Tujuannya tentu saja untuk melatih siswa terbiasa mengerjakan soal-soal UN.  Waktu pelaksanaan Try out ini biasanya sesuai dengan jadwal mengajar guru yang bersangkutan.

  1. f.                Menganalisis hasil setiap try out

Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui tipe-tipe/butir soal yang sukar, sedang maupun sulit.  Nah, setelah kita mengetahui hal tsb, maka kita dapat terus mencoba/melatihkan soal-soal bertipe sulit/sedang kepada siswa, tapi awas kita juga tetap melatihkan soal-soal yang mudah sehingga jangan sampai kita terlalu fokus kepada membahas soal-soal sulit dan sedang sehingga soal-soal yang mudah terlupakan.

  1. g.      Menempel hasil setiap try out di papan pengumunan sekolah

 

  1. h.       Pemberian Tugas Di rumah

Memberikan soal-soal UN tahun lalu atau soal-soal try out khusus kepada siswa-siswa yang nilainya masih rendah supaya dikerjakan di rumah.  Penugasan ini diharapkan akan membuat siswa tsb mau tidak mau berlatih lebih serius di sekolah dan juga di rumah, dan  hasil pekerjaan siswa sebaiknya dikoreksi dan memberikan umpan balik terutama pada soal-soal yang masih dijawab salah oleh anak.  Kita perlu memberitahu kesalahannya sehingga siswa tsb bisa memperbaiki di kemudian hari.

  1. i.                 Konsultasi  melalui guru BK.

Program ini dilaksanakan oleh guru BK, salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.  Seperti sama-sama kita ketahui bahwa  tidak jarang siswa yang sudah siap secara materi pelajaran  tetapi gagal saat menghadapi tes / ujian karena pengaruh psikologis. Siswa jadi tidak percaya diri, akibatnya tidak maksimal, mengerjakan soal saat ujian. Dalam hal ini guru BK sangat berperan penting guna sebagai tempat bertukar pikiran bagi siswa kelas IX.

  1. j.                 Mengadakan istighotsah atau doa bersama

Dilaksanakan  seminggu sekali untuk semua siswa khususnya siswa kelas IX, lebih baik lagi dengan mengundang Usatadz dari masyarakat sekitar. 

 

  1. D.     Bimbingan Intensif  Ujian Nasional dan UAMBN
    1. a.      Latar Belakang

Ujian Nasional adalah salah satu tolak ukur bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.  Pelaksanaan Ujian  Nasional bagi siswa merupakan suatu keharusan, setelah siswa tersebut melakukan proses pembelajaran guna mengukur tingkat ketercapaian penguasaan ilmu yang dipelajarinya.  Ujian Nasional bertujuan menilai  pencapaian kompetensi lulusan secara Nasional pada mata pelajaran  tertentu dalam  kelompok  mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.  Semua itu dilakukan untuk melihat bisa atau tidaknya seorang siswa mengikuti proses pendidikan selanjutnya dan juga dinyatakan seorang siswa lulus atau tidak lulus dari  suatu  sekolah.

Untuk itu pelaksanaan di sekolah telah dikenal beberapa macam ujian dan akhir penyelesaian tahapan pendidikannya, siswa harus mengikuti Ujian Sekolah beserta prakteknya dan Ujian Nasional.

Terkait dengan hal tersebut diatas perlu adanya usaha dari sekolah agar Siswa-siswi MTs Negeri Negara dapat memiliki semangat belajar, sehingga nilai rata-rata UN dan UAMBN selama ini belum optimal  menjadi optimal.

  1. b.      Sasaran/Target  Pembinaan

Siswa-siswi kelas IX mampu meningkatkan Rata-rata nilai UN dan UAMBN pada tahun  pelajaran 2016/2017 yang meliputi bidang Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA serta Mapel Agama dan Bahasa Arab

  1. c.       Tim Pembina Pelaksana Kegiatan

Pembinaan Intensif UN  dan UAMBN di MTsN Negara dilaksanakan oleh Guru-guru MTsN Negara yang memiliki kompetensi dan komitmen yang tinggi akan berperan sebagai Pembimbing utama.

  1. d.      Waktu Pelaksanaan Kegiatan
  • Semester I

    Penambahan Jam Mapel Ujian Nasional / Program Intensif Terpadu (Pinter) dengan kegiatan diberikan kepada siswa pada setiap hari Jum,at dari

   I. Jam 07.15 s/d 07.50 Wita

   II. Jam 07.50 s/d 08.30 Wita.

  • Semester II

1. Penambahan Jam Mapel Ujian Nasional  dan UAMBN dengan kegiatan diberikan setelah jam sekolah dari jam 14.25 s/d 16.25 Wita pada hari Senin , Selasa, Rabu dan 13.30 s/d 15.30 Wita pada hari Kamis dan Sabtu

2. Pemadatan jam pelajaran hanya untuk mapel UN selama sebulan sebelum UN  dan UAMBN khusus mapel Bhs Indo, Matematika, Inggris, IPA  dan Agama serta bahasa Arab dengan  banyak latihan soal atau trik-trik menyelesaikan soal secara mudah.

 

  1. e.       Materi Pembahasan

1. Bedah SKL

2. Pembahasan soal- soal UN dan UAMBN

  1. f.       Try Out
    1. Try Out tak terjadwal kelas IX  diserahkan kepada masing-masing guru lebih banyak mengarah pada soal-soal UN ( waktu try out terinclude  dalam proses pembelajaran).
    2. Try Out terjadwal bersama, minimal 2 kali
    3. g.          Surat Pernyataan Orang Tua / Wali Murid

Orangtua siswa untuk membuat surat pernyataan untuk turut serta mengawasi kegiatan putra-putrinya dalam rangka persiapan UN, UAMBN dan UAS serta mendukung program ini.

  1. i.     Pelatihan Intensif Potensi Olah Raga Unggulan
    1. 1.      Tujuan

Untuk mempersiapkan siswa-siswi MTs Negeri Negara agar dapat meningkatkan prestasi pada even/Olimpiade Olah Raga dengan target juara pada tingkat Kabupaten dan  Provinsi

  1. 2.      Model Kegiatan Pelatihan

v  Program pelatihan dilaksanakan secara intensif dan kontinyu dengan program pelatihan yang terencana.

  1. a.      Pelaksanaan

Program ini dalaksanakan pada Jam 15.00 s / d 17.00  Wita sesuai jadwal. Tempat akan disesuaikan dengan keadaan.

  1. b.      Peserta

Peserta program ini diseleksi berdasarkan tes seleksi yang dilaksanakan panitia.

  1. Jumlah Peserta

Jumlah peserta maksimal 4 orang pada tiap cabang olah raga kecuali olah raga beregu.

 

 

  1. j.     English Course Programe
    1. 1.      Tujuan

Untuk menunjang lifeskill siswa mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris

  1. a.      Model Kegiatan

Kegiatan belajar mengajar pada program ini terdiri atas tiga tahapan :

1)      Tingkat Dasar ( Elementry grade ) selama 3 bulan

2)      Tingkat Menengah ( Intermediate grade  ) selama 3 bulan

3)      Tingkat Mahir ( Advance grade ) selama 4 bulan

Sehingga keseluruhan program direncanakan selama 10   bulan include praktek lapangan dengan native speaker.

  1. 2.      Materi Pelajaran

Materi yang diajarkan dengan mengacu pada pembelajaran model kursus yang disesuaikan dalam Modul yang dibuat oleh masing-masing tutor.

  1. 3.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Program untuk bahasa Inggris dilaksanakan pada setiap hari Kamis dan Sabtu dari Jam 11.00  s/d 12. 00, Di Perpustakaan MTsN Negara

  1. 4.      Peserta

Peserta program ini yaitu untuk Program Bahasa Inggris diikuti  siswa kelas VII dan siswa yang berbakat

G.   Sekolah Bersih Dan Hijau (Clean and Green School)

  1. 1.      Tujuan

Untuk menciptakan lingkungan madrasah yang bersih, sehat dan hijau

 

 

 

 

  1. 2.      Pelaksanaan

       Program ini dilaksankan dalam bentuk:

  1. a.  Program pembiasaan hidup bersih dan sehat pada seluruh siswa

b. Mengefektifkan peran Kader Kesehatan Remaja (KKR)

  1. c.  Mengefektifkan peran Usaha Kesehatan sekolah (UKS)
  2.  Program Jum’at Bersih
  3. e.  Program Penghijauan Sekolah dan Penanaman Tanaman Toga

 

     H. KEGIATAN PEMBIASAAN SISWA

  1. 1.      Pembiasaan Pengucapan Salam

Kegiatan ini berupa pembiasaan pengucapan salam yaitu Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh  ketika saling bertemu baik antar siswa, guru, antara siswa dengan guru dan seluruh warga madrasah serta tamu madrasah

  1. 2.      Pembacaan surat-surat Al-Qur’an

Kegiatan ini berupa kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an setiap hari sebelum memulai pembelajaran dengan target siswa lancar membaca Al-Qur’an dan Hafal  juz 30 yaitu:

 Untuk kelas VII         = surat Al Fatihah  s/d At Takasur

 Untuk kelas VIII       = Surat Al Qaari’ah  s/d  Al Balad

 Untuk Kelas IX         = Surat Al Fajr  s/d An Naba’

 Penilaian dilakukan oleh guru Baca tulis Al qur’an setiap semester.

  1. 3.      Istighosah  Pagi

Kegiatan ini berupa pembacaan istighosah setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

  1. 4.      Jum’at Sehat, Jum’at Amal, Jum’at Bersih
  • Kegiatan Jum’at sehat adalah kegiatan olahraga bersama yang dilaksanakan oleh guru dan siswa yang dilaksanakan setiap hari jum’at
  • Kegiatan jum’at amal adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa dan guru untuk mengumpulkan sebagian uang saku untuk shodaqah yang selanjutnya dikelola oleh Unit Pengumpul Zakat MTs Negeri Negara untuk keperluan ibadah sosial
  • Jum’at bersih adalah kegiatan kebersihan yang dilaksanakan oleh siswa, guru dan karyawan yang dilaksanakan untuk menjadikan lingkungan MTs. Negeri Negara tetap bersih
  1. 5.      Pembacaan Surat Al Qur’an, Asmaul Husna dan Do’a

Kegiatan ini adalah kegiatan untuk membiasakan siswa membaca Al-Qur’an, Asmaul Husna dan Do’a secara bersama-sama. Kegiatan  ini dilaksanakan 2 minggu sekali setiap hari jum’at pagi.

  1. 6.      Sholat Dhuha

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membiasakan siswa melaksanakan ibadah sunnah selain melaksanakan ibadah wajib dan ibadah ini dilaksanakan setiap hari pada jam 09.30 Wita.

  1. 7.      Sholat  Dzuhur

Kegiatan ini adalah kegiatan untuk membiasakan siswa melaksanakan sholat Berjama’ah di sekolah sholat yang dilaksanakan adalah sholat dzuhur untuk siswa  dilaksanakan pada Jam 12.45 Wita.